Game Engine adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan
mengembangkan video game. Fungsi utama yang diberikan oleh game engine meliputi
rendering untuk 2D atau 3D graphic, collision detection, sound, scripting,
animasi, artificial intelligence, networking, memory management, threading dan
scene graph.
Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API
(Applicaiton Programming Interfaces) adalah bagian operating system, services
dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang
diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari
libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang
menggunakan operating system dan services yang sama. Biasanya, game engine
menyertakan keduanya.
Contohnya dalam
Unreal Engine, menyiapkan antarmuka baku bagi programmer untuk menciptakan game
nya dengan mudah, melalui scripting engine, yang disebut UnrealScript, dan juga
libraries, yang berisi model standar dan texture standar dan juga world editor
yang disebut sebagai UnrealED.
Tipe-tipe game engine, yaitu :
- Roll-your-own game engine
Game engine tipe lebih disukai karena selain kemungkinan besar gratis, tipe
game engine ini juga memperbolehkan para developer lebih fleksibel dalam
mengitegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine
mereka sendiri. Namun kelemahan dari tipe game engine ini banyak engine yang
dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya.
- Mostly-ready game engines
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada
developer/programmer. Semuanya termasuk conth GUI, phisycs, libraries
models, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang sudah benar-benar
matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.
Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan
dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan
agar tidak banyak terjadi error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang
menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut
untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Dengan hal ini dapat menghemat waktu dan
biaya dari para developer game.
- Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tetapi dibuat dengan sangat
user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine
seperti GameMAker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan
coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.
Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa
dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata
suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer
cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah
menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini memang
ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game
mereka secepatnya.
Beberapa elemen yang
ada didalam game engine, antara lain :
- Tools/Data
Dalam pengembangan game, dibutuhkan data yang tidak semudah menuliskan text
files. Dalam pengembangan game, paling tidak dibutuhkan beberapa tools seperti
3d model editor, level editor dan graphics programs. Bahkan jika diperlukan,
seringkali kita mengembangkan game engine tersebut dengan menambahkan beberapa
code dan fitur yang diperlukan.
- System
System adalah bagian dari game engine yang berfungsi untuk melakukan komunikasi
dengan hardware yang berada di dalam mesin. Jika game engine sudah dibuat
dengan baik maka system ini adalah satu-satunya bagian yang membutuhkan
perubahan yang cukup banyak apabila dilakukan implementasi pada platform yang
berbeda. Di dalam system sendiri terdapat beberapa sub system yaitu graphics,
input, sound, timer, configuration. System sendiri bertanggung jawab untuk
melakukan inisialisasi, update dan mematikan sub system yang terdapat di
dalamnya.
- Console
Dengan menambahkan console, kita dapat merubah setting game dan setting game
engine di dalam game tanpa perlu melakukan restart pada game tersebut. Console
sendiri lebih sering digunakan dalam proses debugging. Apabila game engine
tersebut mengalami error kita tinggal mengoutputkan error message tersebut ke
dalam console tanpa harus melakukan restart. Console sendiri dapat dihidupkan
dan dimatikan sesuai keinginan.
- Support
Support adalah bagian yang paling sering digunakan oleh system di dalam game
engine. Support sendiri berisi rumus-rumus matematika yang biasa digunakan
seperti : vector, matrix, memory manager, file loader merupakan dasar dari game
engine dan hampir digunakan semua projek game engine.
- Renderer/Engine Core
Pada game engine, engine core / renderer terdiri dari beberapa sub yaitu
visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static Geometry, Dynamic
Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging,
Vertex Shading, dan Output.
- Game Interface
Game interface sendiri merupakan layer diantara game engine dan game itu
sendiri. Berfungsi sebagai control yang bertujuan untuk memberikan interface
apabila di dalam game engine tersebut terdapat fungsi fungsi yang bersifat dinamis
sehingga memudahkan untuk mengembangkan game tersebut.
- The Game
Merupakan inti dari penggunaan game engine sendiri, sehingga user dapat
mengembangkan game tersebut sesuai dengan yang diinginkan.
Saat sekarang ini
sudah sangat banyak game engine yang hadir, dan sangat maju. Para pembuat game
engine kini berlomba-lomba untuk menciptakan game engine dengan tampilan yang
menarik agar menciptakan suasana permainan yang nyaman atau enak untuk dilihat
dan dimainkan dalam PC ataupun Console. Dengan tampilan atau graphic yang
menarik yang kini semakin mendekati realitas dalam segi fisik para tokoh serta
gameplay-nya, akan membuat para gamers semakin antusias untuk memainkan game
tersebut.
Contoh-contoh game engine :
Game engine gratis
Game engine gratis
- OGRE
- Irrlicht
- Panda3D
- jME
- Blender
Game
engine berbayar
- Torque Game Engine
- C4 Engine
- 3DGameStudio
- Leadwerks Engine 2
- DX Studio
SUMBER : http://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
http://stefanuskaparang.wordpress.com/2010/03/12/analisa-game-engine/
http://mengajar-bersama.blogspot.com/2012/03/apa-itu-game-engine.html
http://bulletin-it.blogspot.com/2012/03/pengenalan-game-engine.html
http://ademardd.blogspot.com/2011/06/apa-itu-game-engine.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar