Jumat, 07 Oktober 2011

KECERDASAN BUATAN

Mungkin teman-teman masih bingung, apa yang dimaksud dengan kecerdasan buatan itu??
nah,, saya akan sedikit menjelaskan tentang kecerdasan buatan.



Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah suatu entitas buatan yang diciptakan manusia dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.


Secara garis besar, AI terbagi lagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu :
  1. AI Konvensional dan Kecerdasan Komputasional (CI), yaitu : AI konvensional, kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik. Dan dikenal sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI, Good Old Fashioned Artificial Intelligence). Metoda-metodanya meliputi :
  • Sistem pakar : menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat memproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
  • Petimbangan berdasar kasus
  • Jaringan Bayesian
  • AI berdasar tingkah laku : metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual  
2. Kecerdasan komputasional melibatkan pengembangan atau pembelajaran iteratif (misalnya penalaan parameter seperti dalam sistem koneksionis. Pembelajaran ini berdasarkan pada data empiris dan diasosiasikan dengan AI non-simbolis, AI yang tak teratur dan perhitungan lunak. Metoda-metoda pokoknya meliputi:
  • Sistem Fuzzy : teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk konsumen. 
  • Jaringan Syaraf : sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat


Perbedaan antara Pemrograman AI dan Konvensional

AI
Komputasi Konvensional
Representasi dan Manipulasi simbol
Algoritama
Memberitahu komputer tentang suatu masalah
Memerintah komputer untuk menyelesaikan masalah
Komputer diberi pengetahuan dan kemampuan inferensi
Memberi data kepada komputer dan program

Pemrograman AI :
  • Bila terjadi perubahan dalam program, maka tidak mengganggu seluruh “Facts” yang tersimpan dalam “Otak” (layaknya pikiran manusia/seperti informasi yang terdapat pada pikiran manusia)
  • Independen
  • Dapat Dimodifikasi tanpa mempengaruhi struktur kesluruhan program
  • Fleksibel à efisien dan mudah untuk dimengerti 
           
             AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu komputer yang berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri, yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata. Sekarang ini sistem AI sering digunakan dalam bidang  ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunak komputer untuk mendesign rumah dan membuat video game.






SU : http://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
        robby.c.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../Kecerdasan+Buatan.doc

1 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai kecerdasan buatan, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1803/1/Artikel_92306054.pdf
    trimakasih :)

    BalasHapus