Minggu, 27 November 2011

Pembuatan Menu pada Strawberry Prolog

Contoh pembuatan menu dan cara membuat perintah yang akan di panggil dalam bentuk .txt dalam strawberry prolog


?-
window(_,_,win_func(_),"coba",50,20,500,500).
win_func(init):-
menu(pop_up,_,_,menu_game(_),"&Menu"),
menu(pop_up,_,_,level(_),"&Level"),
menu(right,_,_,menu_help(_),"&Help").
menu_game(init):-
menu(normal,_,_,menu_go(_),"&Mulai"),
menu(normal,_,_,menu_exit(_),"&Keluar").
menu_help(press):-shell_execute("coba.txt").
menu_exit(press):-
close_window(_).

  • window( _,_,win_func(),"coba",50,20,500,500). : fungsi window untuk membentuk jendela. Bentuk umum fungsi jendela terdiri dari 8 parameter, tetapi biasanya yang dipakai parameter ke 3, yaitu fungsi win_func() untuk mendeklarasikan fungsi window yang nantinya akan memiliki menu yang dideklarasikan pada win_func(init):- . Parameter selanjutnya adalah judul dari jendela yaitu ‘coba’. Dua parameter selanjutnya adalah jarak dari sisi layar hingga jendela. Parameter yang pertama jarak dari kiri (secara horizontal) sejauh 50px selanjutnya parameter yang kedua jarak dari atas (secara vertical) sejauh 20px. Dua parameter terakhir adalah panjang untuk jendela yang akan dibuat. Jendela yang akan terbentuk memiliki lebar 500px (kesamping) dantinggi 500px (kebawah).
  • win_func(init):- : memanggil fungsi menu yang memiliki menu pop_up dan right. Perintah pop_up berguna untuk membuat sub menu dari Menu dan Level. Perintah right berguna untuk menempatkan posisi menu Help pada posisi sebelah kanan.
  • menu_game(init):- : berfungsi untuk memanggil fungsi menu dari menu_game yang memiliki sub menu Mulai dan Keluar. Pada fungsi normal sub menu Mulai dan Keluar akan berada didalam Menu.
  • menu_help(press):-shell_execute("coba.txt"). : Ketika menu Help diklik maka akan memanggil perintah shell_execute dengan format teksnya .txt . Dan format text tersebut disimpan didalam satu folder yang sama dengan program yang telah dibuat agar perintah tersebut dapat terpanggil.
  • menu_exit(press):- Ketika menu Exit diklik maka akan menjalankan perintah yang berada di close_window(_). yang berfungsi untuk keluar dari window program yang telah sedang dirunning.

OUTPUT


Semoga bermanfaat... :) :D

2 komentar:

  1. mbak, kalo list utk ngebuat menu cafe pake visual prolog gimana? bisa bantu nggak? soalnya ada tugas kampus nih :)

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali.. oh iya mba, kalau kita membuat menu help, namun kita ingin memanggilnya menggunakan html, caranya bagaimana ya ?

    BalasHapus