Senin, 28 November 2011

USECASE DIAGRAM


Kali ini saya akan membahas tentang UseCase Diagram dengan menggunakan software UML.

DEFINISI 
  • Unified Modeling Language (UML) adalah himpunan sruktur dan teknik untuk pemodelan desain program berorientasi objek (OOP) serta aplikasinya. UML adalah metodologi untuk mengembangkan sistem OOP dan sekelompok perangkat tool untuk mendukung pengembangan sistem tersebut.
  • UseCase adalah interaksi atau dialog antara sistem dan actor, termasuk pertukaran pesan dan tindakan yang dilakukan oleh sistem.

Cara Penggunaannya pada UML :

Klik pada menu tool bar View, klik Diagram Explorer maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini, lalu klik 2x pada UseCase Diagrams, klik Main.

Tampilan menu pada tool box UseCase diagram, digunakan untuk memodelkan bisnis proses berdasarkan perspektif pengguna sistem. UseCase diagram terdiri atas diagram untuk UseCase dan Actor.

§  Select, untuk memindahkan gambar sesuai dengan tempat yang diinginkan.

§  UseCase merepresentasikan operasi-operasi yang dilakukan oleh actor. UseCase digambarkan berbentuk elips dengan nama operasi didalamnya.
 



§  Actor,  merepresentasikan orang yang akan mengoperasikan atau orang yang berinteraksi dengan sistem aplikasi. Actor yang melakukan operasi dihubungkan dengan garis lurus ke UseCase.


§  Dependency, merupakan relasi yang menunjukan bahwa perubahan pada salah satu elemen memberi pengaruh pada elemen lain. Elemen ada dibagian tanda panah adalah elemen yang tergantung pada elemen yang ada dibagian yang tanpa tanda panah.

§  DirectedAssociation, menggambarkan navigasi antar class (navigation), berapa banyak obyek lain yang bisa berhubungan dengan satu obyek (multiplicity antar class) dan apakah suatu class menjadi bagian dari class lainnya (aggregation).


OUTPUT


Penjelasan dari gambar diagram diatas

     Langkah awal dalam mendaftar kursus, sampai mendapatkan jadwal kursus.

Mahasiswa/i mengantri di loket, memilih kursus dan menyerahkan KTM/KRS kepada petugas loket. Petugas akan memberikan blangko kosong untuk diisi oleh mahasiswa/i, kemudian serahkan blangko yang telah diisi kepada teller bank. Maka teller bank akan melakukan input data yang nantinya akan dicetak sebagai tanda lunas. Tanda bukti pembayaran yang telah diterima oleh mahasiswa/i akan diserahkan kembali kepada petugas loket. Petugas loket akan memberikan jadwal kursus dan akan mengembalikan KTM/KRS kepada mahasiswa. Maka mahasiswa/i dapat mengikuti kursus. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar